New Ninja ZX-6R 2015

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Kawasaki telah meluncurkan dua produk superbike limited edition. New NInja ZX-10R dan New Ninja ZX-6R model 2015 ini untuk perayaan ulang tahun keluarga Ninja yang sudah berjaya selama tiga dekade.

New Kawasaki Ninja ZX-6R 30th Anniversary dihadirkan dengan special livery yang terinspirasi dari motor Kawasaki sang jawara ajang WSBK, yaitu Tom Sykes. Model istimewa ini tersedia dengan dua pilihan warna yaitu new Lime Green atau Pearl Stardust White graphics yang akan memiliki label ’30th Anniversary’ di bagian samping panel headlight.

Dari sisi tampilan boleh saja ada perubahan, bagaimana dengan jantung pacunya? New Ninja ZX-6R ’30th Anniversary’ masih mengandalkan beberapa spesifikasi standar dimana masih andalkan performa mesin 4 silinder segaris berkapasitas 636cc. Mesin didukung dengan dual fuel injection dan dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan.

Untuk handling yang sempurna New ZX-6R 2015 menggunakan suspensi standar 41mm inverted Showa SFF-BP dengan pegas top-out, stepless compression dan rebound damping, dan adjustable spring preload. Untuk suspensi belakang dengan model Bottom-link Uni-Trak dengan gas-charged shock, stepless compression damping adjustment, tersedia 25 pengaturan rebound damping dan fully adjustable spring preload.

Sistem penghenti laju motor tetap menggunakan dual cakram depan yang berukuran 310mm sedang untuk roda belakang dengan cakram 220mm. Sistem rem juga tersedia dua pilihan non ABS yang dipasarkan US$ 11.999 Rp 138 jutaan sedang dengan pilihan KIBS ABS lebih mahal sekitar Rp 11 jutaan. Harga ini dikatakan masih sama dengan model 2014, maka harga untuk Indonesia diperkirakan akan tetap sekitar Rp 230 jutaan.

Lalu keunggulan apa saja yang dimiliki oleh kawasaki ninja zx6r ini? desain motor ini terlihat sporty dan modern dengan sudut-sudut lekukan yang tajam disana sini khas motor ninja di kelas premium. Body gambot yang dilengkapi dengan fairing semakin menambah kesan kuat dan kokoh pada motor ini.

Di sektor mesin, motor ini menggunakan mesin berkapasitas 636 cc, 4 tak 4 silinder bergaris, DOHC 16 klep bersistem bahan bakar injeksi dengan sistem pendinginan berupa cairan ( Liquid Cooled ) yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga mencapai 131 PS pada putaran di 13500 rpm dan torsi maksimum sebesar 71 Nm pada putaran di 11500 rpm. Dengan performa mesin yang prima, motor ini sanggup dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal ( top speed ) yakni 246 km/jam. Sedangkan untuk komsumsi bahan bakarnya kawasaki ninja zx6r ini bisa dibilang cukup boros sekalipun telah mengusung teknologi injeksi yakni 16 km/liter.

Dari sektor pengeremannnya, kawasaki ninja zx6r ini dibekali dengan rem cakram ganda dibagian depan dan rem cakram tunggal dibagian belakang yang telah menggunakan teknologi ABS. Piranti seperti ini sangat berguna bagi keamanan pengendara khususnya ketika pengereman mendadak terjadi. Menariknya, Teknologi ABS yang digunakan merupakan hasil ciptaan dan kreasi dari pihak kawasaki sendiri yangdinamakan Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System ( KIBS ). Dibandingkan dengan ABS pada umumnya, KIBS ini mempunyai lebih banyak sensor pada sistemnya. Ini bertujuan agar daya pengereman bisa maksimal tanpa menyebabkan roda belakang terangkat. Alhasil, pengendara tidak perlu khawatir jatuh dari motor dan yang penting lagi, pengendara bisa langsung memacu kembali motornya setelah pengereman. Tidak perlu menunggu hingga ban belakangnya turun ( seperti kebanyakan motor lainnya yang harus menunggu ban belakang turun akibat dari pengeraman yang mendadak pada kecepatan yang tinggi ).

Selain memiliki keunggulan, ternyata motor kawasaki ninja zx6r ini juga memiliki kekurangan yang sering dirasakan oleh para pengendaranya. Salah satunya yakni pososi riding yang kurang nyaman sering membuat para pengendara cepat pegal dan capek saat pengendara. Hal ini dikarenakan posisi setang kemudi yang berada sedikit dibawah permukaan tangki motor. Selain itu, posisi footstep yang dimiliki juga terasa cukup tinggi dan letaknya berada dibelakang. Mengendarai motor yang memiliki berat bersih 192 kg ( ABS 194 kg ) di jalanan perkotaan yang sering macet tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengendaranya

Warna pilihan kawasaki ninja zx-6r tahun 2014 ini ada 2 yakni Hijau ( Green ) dan Oranye ( Orange ). Sedangkan soal harganya di indonesia, motor ini dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan rivalnya yamaha yzf r6.

Comment Donk....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s