SISTEM STARTER

FUNGSI Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali di nyalakan
TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER

1. TIPE PLANETARY

Pada starter tipe ini menggunakan tiga buah gear sebagai penopang poros  armature juga sebagai penggerak armature itu sendiri sebelum memutar  kopling dan pinion gear.

2. TIPE REDUKSI

Pada starter tipe ini terdapat gear-gear yang saling mereduksi dari kumparan armature hingga ke gear pada poros kopling

3. TIPE KONVENSIONAL

Pada starter tipe ini hanya terdapat satu buah gear yaitu pinion gear yang  akan terhubung ke fly wheel gear ketika drive lever mendorong gear  tersebut saat starter berputar

URAIAN

Untuk mempersempit materi bahasan tentang sistem starter, blogger hanya akan membahas tentang sistem starter tipe konvensional saja. seperti gambar di bawah ini.
KETERANGAN GAMBAR
1. SWITCH STARTER
2. PEGAS PLUNYER
3. PLUNYER
4. DRIVE LEVER
5. FRONT HOUSING
6. PINION GEAR
7. STOP COLAR
8. ARMATURE
9. RING PENAHAN
10.REAR HOUSING
11.BRUSH HOLDER
12.FIELD COIL
13.BRUSH
14.BOLD HOLDER
 

 

KOMPONEN BESAR UTAMA SISTEM STARTER
1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)     Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah mendatar

2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)     Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar

 

Pada armature terdapat komponen, yaitu :        1. KOMUTATOR         Fungsi : Untuk kedudukan sikat arang karbon (Brush)     2. STARTER CLUTCH         Fungsi : Untuk mencegah putaran berlebih dari motor starter     3. PINION GEAR         Fungsi : Untuk memutar roda gigi fly wheel
3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT

    Fungsi : sebagai tempat kedudukan sikat dan juga untuk mengalirkan arus listrik kedalam rangkaian starter

4. SWITCH STARTER     Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus litrik yang mengalir pada pada rangkaian

Terdapat 3 Terminal pada switch starter yaitu : 30, 50 dan C
dan juga terdapat dua buah gulungan utama yaitu : Pull in Coil dan Hold in Coil

 5. DRIVE LEVER     Fungsi : Untuk menghantarkan atau mendorong pinion gear terhubung ke fly wheel gear
CARA KERJA SISTEM STARTER DALAM RANGKAIAN
  

Ketika kunci kontak di ON kan, arus listrik dari baterai mengalir melewati  rangkaian sikring lalu ke terminal 50 dari switch starter.
bersamaan dengan itu ada pula sebagian arus listrik yang mengalir ke terminal 30  dari switch starter yang dapat menimbulkan kemagnetan dari kumparan Pull in Coil dan Hold in Coil dari switch starter yang menarik plunyer  switch starter sehingga drivel lever mendorong kopling dan pinion gear  ke fly wheel gear

PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM STARTER 1. LAKUKAN PENGUKURAN PADA KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE) a. Pengukuran komutator hubungan terbuka

Jika terdapat hubungan, maka armature baik namun jika tidak terdapat hubungan maka kontinuitas armature putus

b. Pengukuran komutator hubungan masa

Jika tidak terdapat huungan maka armature baik, namun jika terdapat hubungan maka kontinuitas armature bocor

2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL c. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan terbuka

Jika terdapat hubungan maka field coil baik namun jika tidak terdapat hubungan maka continuitas field coil putus

d. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan massa

Jika tidak terdapat hubungan maka field coil baik namun jika terdapat hubungan maka continuitas dari field coil bocor

3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN RANGKAIAN SIKAT

Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe starter yang  di  gunakan oleh kendaraan masing-masing namun jika sikat masih panjang dan  kondisinya masih baik (belum aus dan rompal) tidak perlu diganti

Pada Pengukuran isolasi sikat seharusnya tida ada hubungan namun jika ada hubungan maka rangkaian sikat harus di ganti

4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN PINION GEAR

KERUSAKAN – KERUSAKAN MOTOR STARTER
1. Rangkaian sikat dan sikat sudah aus atau putus
2. Kumparan switch starter rusak
3. kumparan Field Coil Bocor atau putus
3. Sepatu kutub terbakar
3. Sikring putus
4. Baterai soak

Comment Donk....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s