Komparasi Fitur Kawasaki ZX-6R 636 dan Yamaha YZF-R6

Mesin R6 dibekali YCC-I dan YCC-T. Power Mode ada di ZX-6R, bisa disesuaikan kondisi jalan. Harga hanya beda Rp 5 juta, konfigurasi mesin pun identik, bagaimana dengan fiturnya?
Jakarta – Kehadiran Yamaha YZF-R6 dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dijual Rp 220 juta OTR Jakarta, akan head to head dengan Kawasaki ZX-6R 636 yang dihadirkan lebih dulu oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), yang ditawarkan Rp 225 juta.

Secara harga menempel, sesama supersport Jepang ini pun punya konfigurasi mesin identik, 4 silinder segaris DOHC 16 klep berpendingin cairan. Bagaimana performa, fitur dan teknologinya? Kali ini kami adu berdasarkan data di atas kertas dari data masing-masing pabrikan, untuk akselerasi, konsumsi bensin dan feeling kala dinaiki akan dilanjut setelah test ride R6.
Yuk disimak!
Performa Dengan kapasitas sedikit lebih besar, ZX-6R 636 cc berbanding R6 yang hanya 599 cc, membuat performa ZX lebih superior, tenaga maksimum mencapai 129,3 dk/13.500 rpm sedang R6 hanya 122 dk/14.500 rpm. Torsi pun demikian, ZX 71 Nm/11.500 rpm dan R6 65,7 Nm/10.500 rpm. Namun ZX punya bobot lebih besar, 192 kg (194 kg ABS) sedang R6 hanya 189 kg.•

Sistem rem sama, cuma ZX-6R ada versi ABS

Fitur dan Teknologi Dari sisi mesin ZX-6R punya fitur Power Mode, bisa diset L (low) dan F (full), tenaga saat L cuma 75-80%, dipakai misal saat hujan, kalau F tentu saja tenaga maksimal. Kedua ada Dual Throttle Valve, skep 2 biji di throttle body membuat respon mesin lebih smooth sehingga mudah dikendalikan. Fitur ketiga ada Assist & Slipper Clutch, membuat engine brake jadi lebih smooth, ban belakang enggak ngunci.
Fitur di kaki-kaki juga beragam, pertama ada KTRC (Kawasaki Traction Control) dengan 3 pilihan tingkat. Kedua KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), sistem ABS yang pintar. Ketiga SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston), upside down dengan piston besar dan setelan yang terpisah antara kanan dan kiri. Berikutnya ada fitur Economical Riding Indicator di panel instrumen, memberi sinyal kala berkendara irit.
Pindah ke R6, ada fitur apa saja? Kita awali dari mesin. Ada teknologi YCC-I (Yamaha Chip Controlled-Inttake), saluran masuk yang diatur secara elektronik untuk mengoptimalkan torsi. Kedua YCC-T (Yamaha Chip Controlled-Throttle), pengatur bukaan throttle agar penyaluran tenaga lebih smooth tapi tetap responsif. Ketiga ada slipper clutch untuk mengurangi efek engine brake. Berikutnya Exup Exhaust, katup di knalpot yang membuka sesuai besarnya rpm.
Sisi kaki-kaki R6 juga dibekali suspensi full adjustable. Sistem pengereman sama-sama pakai kaliper depan radial dengan 4 piston di tiap sisi. Lalu sasis sama-sama pakai deltabox aluminium termasuk lengan ayunnya, sehingga ringan dan rigid. Data lain mari kita lihat di tabel spesifikasi.  
Artikel Test Ride YZF-R6 klik di sini

Artikel Test Ride ZX-6R 636 klik di sini
YZF-R6 Tipe mesin: 4 langkah 4  silinder segaris Sistem pendinginan:  cairan Katup DOHC: 16 klep Bore x stroke: 67 x 42,5 mm Kapasitas mesin: 599 cc Rasio kompresi:  13,1:1 Tenaga: 122 dk/14.500 rpm Torsi: 65,7 Nm/10.500 rpm Transmisi: 6 speed P x L x T: 2.040 x 705 x 1.095 mm Jarak terendah: 130  mm Wheelbase: 1.375 mm Tinggi jok: 850 mm Berat isi: 189  kg Tangki: 17  liter Rem depan: cakram 2X 310 mm kaliper 4  piston Rem belakang:  cakram 220 mm  kaliper 1 piston Ban depan:  120/70-17 Ban belakang: 180/55-17
ZX-6R 636 Tipe mesin: 4 langkah 4  silinder segaris Sistem pendinginan:  cairan Katup DOHC: 16 klep Bore x stroke: 67 x 45,1 mm Kapasitas mesin: 636 cc Rasio kompresi:  12,9:1 Tenaga: 129,3 dk/13.500 rpm Torsi: 7,1 Nm/11.500 rpm Transmisi: 6 speed P x L x T: 2.085 x 705 x 1.115 mm Jarak terendah: 130  mm Wheelbase: 1.395 mm Tinggi jok: 830 mm Berat isi: 192  kg / ABS: 194 kg Tangki: 17  liter Rem depan: cakram 2X 310 mm kaliper 4  piston Rem belakang:  cakram 220 mm  kaliper 1 piston Ban depan:  120/70-17 Ban belakang: 180/55-17

Comment Donk....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s