Begini Cara Install BBM di Android dan iPhone

Begini Cara Install BBM di Android dan iPhone

Setelah tertunda selama sebulan, BlackBerry Company akhirnya merilis aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk ponsel berbasis Android dan iOS. Aplikasi obrolan itu bisa diunduh dan digunakan mulai hari ini, Selasa, 22 Oktober 2013.

Informasi tersebut dikirimkan manajemen BlackBerry melalui surat elektronik ke setiap user Android dan iOS yang telah mendaftarkan diri di situs BlackBerry.com. Selain undangan untuk menggunakan BBM, surat elektronik itu juga berisi panduan untuk meng-install layanan BBM. Caranya cukup mudah, kunjungi situs BBM.com dan ikuti tahapan petunjuk teknisnya.Pertama-tama, klik ikon install yang terlihat di laman situs tersebut. Setelah aplikasi berhasil diinstal, Anda akan diminta memasukkan alamat email untuk memastikan perangkat Anda bisa menggunakan aplikasi BBM di Android dan iPhone.

Selanjutnya, Anda akan diminta membuat BlackBerry ID. Caranya cukup mudah, tinggal menuliskan alamat email yang Anda gunakan ketika menginstall BBM, membuat password untuk memastikan kemanan akun, serta memasukkan tanggal lahir. Jika pendaftaran ini sukses, BBM bisa langsung digunakan di perangkat Anda. Situs itu akan memunculkan pin BBM yang digunakan untuk mengundang teman mengobrol.

Dalam situs BBM.com disebutkan, pengguna Android dan iOS bisa menggunakan fitur-fitur mendasar BBM, seperti real-time chat, membuat profil personal, mengajak teman untuk menggunakan BBM, atau mengobrol lewat grup. Tetapi BBM versi Android dan iPhone ini tak memiliki fitur lengkap, seperti BBM Voice, BBM Video, dan fitur screen sharing.

Aplikasi BBM untuk Android dan iOS (sistem operasi untuk iPhone) pertama kali diluncurkan pada 21 September 2013. BBM akan tersedia untuk semua telepon Android dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean, sementara iPhones melalui iOS 6 atau iOS 7. Namun layanan ini tidak tersedia bagi telepon berbasis Windows.

Namun, dua hari kemudian, BlackBerry batal meluncurkan program ini. Menurut Executive Vice President bidang BBM di BlackBerry, Andrew Bocking, timnya sekarang sedang fokus untuk menyesuaikan sistem agar bisa memblokir versi BBM Android unreleased saat BBM versi resmi nanti diluncurkan. “Ini akan memakan waktu, dan saya tak bisa memastikan dalam pekan ini,” ujar Baocking dalam blog perusahaan.

Bocking beralasan, saat BBM untuk Android dan iPhone diluncurkan, banyak beredar versi unreleased di berbagai situsfile sharing. Pengunduh versi unreleased, kata Bocking, mendekati sejuta orang. Akibatnya, lalu lintas data di serverBlackBerry melonjak tinggi dan tak bisa berjalan dengan normal. Jika versi unreleased ini tak diblokir, versi resmi tak bisa diluncurkan. “Maka satu-satunya cara mengatasi masalah ini adalah menunda peluncuran,” katanya.

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2013/10/22/317/bbm01.jpg

Akhirnya BlackBerry Messenger resmi hadir di Google Play Store dan kembali nongol di Apple App Store. Lalu bagaimana cara menginstal aplikasi BBM ini di handset Anda?

BBM lintas platform ini dipastikan bisa di-download tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Namun sayangnya, hanya pengguna piranti tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Untuk pengguna iDevice, BBM hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 7 dan iOS 6. Sedangkan pemakai Android, handset harus versi Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran layar maksimal 7 inch.

Setelah spesifikasi dirasa mumpuni, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi yang dimaksud melalui toko online masing-masing atau pengguna Android maupun iPhone bisa mengunjungi situs www.bbm.com.

Di situs bbm.com itu akan mendeteksi apakah perangkat Anda bisa atau cocok untuk aplikasi ini. Setelah spesifikasinya sesuai maka tetap akan diarahkan ke Google Play Store atau Apple App Store.

Setelah berhasil di-download, pengguna diharuskan untuk registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Ingat! Satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja.

Sebab, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru in ke Android atau iPhone.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna iPhone maupun Android akan mendapatkan PIN unik layaknya PIN BlackBerry. Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih private dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di kontak list.

Setelah BBM aktif, maka pengguna aplikasi ini sudah bisa melakukan segala aktivitas layaknya pengguna BlackBerry OS pada umumnya. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama seperti yang ada di BBM sebelumnya.

Pengguna BBM di iPhone dan Android juga bisa menikmati fitur-fitur yang ada, semisal BBM chat, BBM group, BBM broadcast message. Di masa depan bukan tidak mungkin, fitur BBM Channel juga akan merambah masuk untuk memonetasi layanan ini.

Comment Donk....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s