Modifikasi Harian Kawasaki Z-250

Modifikasi harian yang dilakukannya terhadap Baby Shiro Z, panggilan sayang Bro Yogas terhadap New Kawasaki Z250 baru nya . ..  lebih lengkanya, simak pemaparan langsung bro Yogas ini mas bro . ..  cekidot . .

battlax-S20R

1. Ban belakang
Baby Shiro Z tiba di rumah tanggal 8 Maret 2013. Ubahan awal yg dilakukan saat si shiro Z turun dari mobil dealer adalah membawanya ke toko ban, pilihan jatuh ke ban belakang dulu (pengennya sih depan belakang sekaligus tapi disesuaikan bujetnya drpada dapur gak ngebul hehe).
Alasan ban belakang dulu buat saya sih karena:
– utk manuver dan grip dgn alasan yg bergerak adalah roda belakang.
– gaya, karena dari belakang kan langsung keliatan sama yg laen :P
Seblmnya sdh diskusi sana sini dan akhirnya pilihan jatuh ke Bridgestone Battlax tipe S20 ukuran 150/60. Sempat tertarik sama michelin Pilot sporty 2, tp sayangnya tdk ada ukuran profil 60, plus dengam ukuran yg sama, harganya beda cukup banyak…yo wis, mantapkan hati pilih S20 yg katanya sbg pengganti Battlax BT92.  Hasilnya sangat puas lah, walau blm berani rebah ala MM93, tp buat belok miying miying sih wokeh pisan ehehe.

IMG01308-20130420-1721-1

2. Wrap up body dengan stiker transparan.
Haregene walau kita merasa parkir udah aman n jarak antar motor dirasa cukup jauh, pas kembali tau2 ada motor yg seenak udelnya parkir mepet2…bah! Alhasil bodi lecet suka kejadian. Dengan pertimbangan antisipasi dan meminimalisasi bodi kinyis2 si Z dari lecet2, dibawalah ke salah satu bengkel stiker di daerah tebet. Butuh 1 hari penuh dari pagi utk membungkus bodi si Z yg semog bin demplon hehe. Semua dibungkus kecuali tangki…loh kok? Iya alasannya biar kalo dipoles tangkinya kinclong kekekek…gak lupa tank pad juga ikut dipasang biar tangki gak lecet2 kena sabuk dan sejenisnya.

KnN Z250

3. Penggantian air filter
Gak puas sama nafas yg berasa ketahan di rpm atas, mulai lah ngubek2 cari info soal air filter K&N tipe replacement, sialnya dimana2 kosong, akhirnya dipakai merk Ferrox setelah baca2 reviewnya…dasar rejeki, baru 3 hari pakai Ferrox ada kawan nawarin K&N ninjanya yg gak kepake karena dia pakai K&N tipe open pod, barang baru msh dibungkus plastik dgn harga dibawah harga toko, sikaatt n langsung pake. Memang terasa beda, merk satu ini sudah malang melintang di dunia per filteran sejak taun 80-an kalo ga salah, itu alasan saya pakai merk ini, di R4 pun saya pakai merk ini hehe.

IMG01271-20130406-1951-1

4. Bohlam
Walau bohlam standarnya sudah cukup terang, tp tetap kurang puas, osram cool blue intense 55 watt sesuai watt bawaan diinstall ke si Z utk low beam, sedangkan high beamnya pakai osram night breaker plus. Kok beda2? Yg cool blue dapat dari kawan hehhe…jd night breaker 1 lagi disimpan buat cadangan. Cahaya? Jgn ditanya, maknyus walo blm sedahsyat sinar HID…hehe

5. Ban depan
Sudah hampir 2 bulan, akhirnya ban belakang punya teman sepenanggungan, yup battlax S20 120/60 ikutan nangkring di depan ehehe. Yg dirasa sih respon setang lbh responsif, semua kontur jalan diterjmahkan langsung ke setang, positifnya, kendali jadi reaktif. Sempat kaget di awal pemakaian karena saat belok biasa aja si ban udah “ngajak” rebah. Trade off-nya, setang terasa lebih berat terutama saat selap selip di kemacetan.

IMG01353-20130509-1058

6. Knalpot
Suara mendesing saat digeber dirasa sangat mengganggu telinga, terlalu anyep maksudnya :D , dan karakter 2 silindernya jd ga keluar wkwkwk…
Knalpot custom yang pertama dipakai adalah  buatan bengkel knalpot di rd inten duren sawit yg sdh cukup terkenal buatannya dikalangan bikers. Usia 1 minggu, dpt link karya anak bangsa yg bikinan replikanya sangat mirip dan rapih…yo wis lah yg lama ay lepas, pesan yg model Scorpion.
Awalnya pengen knalpot yg ori, tapi harga yg gak masuk akal bikin saya batal memesan. Masa knalpot motor aja lebih mahal dari muffler ori Greddy beat max Ti saya yg nempel di R4? Keknya gak rasional aja hehe. Yasudah dengan harga yg sangat affordable, scorpion kw1 dipesan, pikirannya saat itu kalau butut ya buang sial aja hehhe, tyata emg orang kita itu kreatifitasnya luar biasa, buatannya mirip dan rapi, suaranya garing, respon mesin pun terasa ada perbEdaan terutama di kitiran atas, memang afdalnya sih di dyno biar angka kenaikannya sahih.
Yang jelas suara khas 2 silindernya jadi keluar…wrrrrr… kalau kata kang IWB mah hehehe..

20130420_164208

7. Klakson
Walau gak secempreng klakson bebek tapi suara klakson Z ini masih dirasa kurang jantan dibanding sosoknya.
Klakson merk FER yang dikenal sbg supplier oem BMW pun dipilih, karena suaranya yg BMW banget, kencang nan elegan ehehe.

8. Geser TPS (Throttle Position Sensor)
Penggantian knalpot after market di mesin ber injeksi bukan tanpa konsekuensi, unlike mesin karbu, mesin injector memang lebih “ribet” nyetelnya.
Tanpa penyetelan ulang, maka knalpot “nembak” akan dialami para penggunanya.
Cara murah meriah ada beberapa tips, diantaranya adalah:
1. Geser TPS, dgn menggeser beberapa derajat, maka mixture bbm akan lebih pas, suara batuk pun bisa berkurang jadi hanya berdehem saja ehehe
2. Tutup AIS (lupa tepatnya apa, tp sptnya Air Induction Sensor), dgn ditutup maka sensor tdk akan membaca campuran bbm cmiiw (tolong kang taufik koreksi kalau salah ya), afaik, ada 2 titik yg ditutup, 1 dibawah jok, 1 lagi di depan diantara 2 busi, hanya info yg didapat dari mekanik langganan, yg didepan ditutup menggunakan roller mio, jadi masih ada lobangnya sedikit.
Konon deheman knalpot bisa benar2 hilang. Blm ada waktu utk mengaplikasikannya.

9. Selang rem braided
Dari hasil diskusi sesama ninja user, konon selang rem jika dipakai turing jauh, suka mengembang akibat panas sehingga ke performa rem jadi bagel.Atas alasan tsb beberapa rekan ninja user mengganti selang rem braided tahan panas dengan merk antara lain hell, KTC dan TDR.
Pilihan jatuh ke TDR karena harganya yg sangat terjangkau, selain itu buat saya, membuat penampilannya jadi lebih menarik ehehe..

20130601_174121

10. Adaptor foot step
Awalnya smpt pengen ganti full set footstep, tp setelah dipikir ulang toh yang dibutuhkan sbnarnya hanya merubah posisi footstep lebih ke belakang sedikit, jadi akhirnya dipilihlah adaptor foot step.
Posisi yg jadi agak kebelakang membuat posisi riding jd lebih mantap, terutama posisi kaki sehingga membuat pengemdaraan pd kecepatan tinggi lebih maknyus. Trade off-nya, krn posisi riding jadi sedikit membungkuk, telapak tangan suka kebas jika terkena jalan yg macet, apalagi bila berboncengan, yah resiko modifikasi sih.

11. Dudukan plat nomor belakang
Sebenarnya spakbor/dudukan plat belakang bawaan standar sudah cukup manis, dasar gatel, digantilah dengan yg model custom seperti pd foto. Hasilnya memang wow effect nya dapet banget, kaki2 yg cukup kekar dan ban yg lebar lebih terlihat. Trade off-nya? Nyiprat ke punggung kalau becek mas bro hehehe.

Tinggal spion deh, blm dapat yg cocok modelnya.
Thanks buat kang Taufik yg sudah bersedia menjadikan sharing saya ini sebagai artikelnya

Oke bro Yogas, makasih buat sharingnya . . .

Taufik of Buitenzorg

Comment Donk....!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s